-->
Home » » Wiji Thukul Dianugerahi Yap Thiam Hien Awards

Wiji Thukul Dianugerahi Yap Thiam Hien Awards

Posted by Admin
Kumpulan Puisi Wiji Thukul Terlengkap, Updated at: 13.25

Wiji Thukul Dianugerahi Yap Thiam Hien Awards

Liputan6.com, Jakarta: Penyair Wiji Thukul dianugerahi Yap Thiam Hien Awards 2002, awal Desember 2002. Penghargaan tersebut diberikan kepada Wiji karena dinilai telah memberikan kontribusi besar dalam upaya mengungkapkan berbagai ketidakadilan serta pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Dewan juri penghargaan tersebut menganggap, sosok Wiji Thukul bisa mengingatkan masyarakat Indonesia atas sejumlah kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Tanah Air.

Hingga saat ini, nasib pria kelahiran Kampung Sorogenen, Solo, 23 Agustus 1963 itu tak diketahui. Pemilik nama asli Wiji Widodo yang juga anggota Partai Rakyat Demokratik ini menghilang sejak peristiwa kerusuhan 27 Juli 1996. Komisi Tindakan Kekerasan (Kontras) menduga bapak dua anak ini telah diculik. Percakapan terakhir antara Wiji dengan istrinya, Dyah Sujirah alias Sipon, terjadi pada 19 Februari 1998.

Penghargaan yang sama juga pernah diterima pejuang HAM dan lingkungan asal Timika, Papua, Yosepha Alomang pada 1999 [baca: Yosepha, Menghilang Usai Menerima Penghargaan]. Setelah menerima penghargaan Goldman Environmental Prize di Amerika Serikat, Yosepha beserta empat pendampingnya menghilang.(LIA/Miko Toro dan Yoseph Herhudi Lestari)


Sumber: http://news.liputan6.com/read/46217/wiji-thukul-dianugerahi-yap-thiam-hien-awards, dipublikasi 11 Desember 2002

Share This Post :
Countup
Wiji Thukul, yang bernama asli Widji Widodo (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 26 Agustus 1963) adalah penyair cum aktivis berkebangsaan Indonesia. Thukul merupakan salah satu tokoh yang giat melawan penindasan rezim Orde Baru. Pasca Peristiwa 27 Juli 1996, sekitar bulan-bulan menjelang kejatuhan Soeharto pada tahun 1998 hingga sekarang tidak diketahui rimbanya. Dia dinyatakan hilang dengan dugaan diculik oleh militer Orde Baru

Cari Blog Ini

Hanya Satu Kata: Lawan!

Nyanyian Akar Rumput-Kumpulan Lengkap Puisi Wiji Thukul

Populer Bulan Ini

 
Template by Maskolis and CB Design