-->
Home » » Tujuan Kita Satu Ibu

Tujuan Kita Satu Ibu

Posted by Admin
Kumpulan Puisi Wiji Thukul Terlengkap, Updated at: 14.15




Tujuan Kita Satu Ibu

kutundukkan kepalaku,
bersama rakyatmu yang berkabung
bagimu yang bertahan di hutan
dan terbunuh di gunung
di timur sana
di hati rakyatmu,
tersebut namamu selalu
di hatiku
aku penyair mendirikan tugu
meneruskan pekik salammu
"a luta continua."

kutundukkan kepalaku
kepadamu kawan yang dijebloskan
ke penjara negara
hormatku untuk kalian
sangat dalam
karena kalian lolos dan lulus ujian
ujian pertama yang mengguncang

kutundukkan kepalaku
kepadamu ibu-bu
hukum yang bisu
telah merampas hak anakmu

tapi bukan cuma anakmu ibu
yang diburu dianiaya difitnah
dan diadili di pengadilan yang tidak adil ini
karena itu aku pun anakmu
karena aku ditindas
sama seperti anakmu

kita tidak sendirian
kita satu jalan
tujuan kita satu ibu:pembebasan!

kutundukkan kepalaku
kepada semua kalian para korban
sebab hanya kepadamu kepalaku tunduk

kepada penindas
tak pernah aku membungkuk
aku selalu tegak

4 Juli 1997

Share This Post :

4 comments:

  1. sungguh untaian kata ini menyejukan jiwa
    menunjukan dosa dan salah di bumi pertiwi
    mengajarkan pada kita, agar pada merah yg berani
    dan ada putih yang suci, KAMI TERUS MENGGUGAT

    BalasHapus
  2. satu kata tak pernah berakhir
    padamu selalu ku ucapkan
    padamu sang pejuang yang terlalu tangguh
    kami mencintaimu.

    BalasHapus
  3. "kepada penindas
    tak pernah aku membungkuk
    aku selalu tegak"
    petikan puisi yang paling aku suka pd pusi ini

    BalasHapus
  4. ketika jurnalisme dibungkam sastra harus bicara!!!

    BalasHapus

Countup
Wiji Thukul, yang bernama asli Widji Widodo (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 26 Agustus 1963) adalah penyair cum aktivis berkebangsaan Indonesia. Thukul merupakan salah satu tokoh yang giat melawan penindasan rezim Orde Baru. Pasca Peristiwa 27 Juli 1996, sekitar bulan-bulan menjelang kejatuhan Soeharto pada tahun 1998 hingga sekarang tidak diketahui rimbanya. Dia dinyatakan hilang dengan dugaan diculik oleh militer Orde Baru

Cari Blog Ini

Hanya Satu Kata: Lawan!

Nyanyian Akar Rumput-Kumpulan Lengkap Puisi Wiji Thukul

Populer Bulan Ini

 
Template by Maskolis and CB Design